Jumat, 15 Juli 2011

Pertemuan 6

Marketing Information SystemsIntroduction
Marketing was the first functional area to exhibit an interest in MIS
The marketing information system has three subsystems; the accounting information system (AIS), marketing research, and marketing intelligence
Functional information systems: the conceptual systems should be "mirror images" of the physical systems

Marketing Principles
  • Marketing mix
  • Product
  • Promotion
  • Place
  • Price
The Marketing Information System (MKIS)
Kotler's marketing nerve center
3 information flows
  • Internal
    • Gathered in firm
  • Intelligence
    • From environment
  • Communications
    • To environment
Marketing Information System (MKIS) Definition
    A computer-based system that works in conjunction with other functional information  systems to support the firm's management in solving problems that relate to marketing the firm's products.
An MKIS Model
1. Output
  • Product
  • Place
  • Promotion
  • Price
  • Integrated mix
2. Database
3. Input

  • *AIS
  • *Marketing research
  • *Marketing intelligence
*AIS (Accounting Information System)
  1. Sales order data is input.
  2. AIS provides data for
  • Periodic reports
  • Special reports
  • Mathematical models and knowledge-based models
*Marketing Research Subsystem1. Managers use marketing research to gather  information :
  • Gathered from customers and prospects
  • Purchased or procured from other organizations
2. Processed using marketing research subsystem
3. Primary and Secondary Data
4. Used by marketing research subsystem
5. Primary data are collected by the firm, Examples of primary data is:
  • Survey
  • In-depth interview
  • Observation
  • Controlled experiment
  • Primary and Secondary
Secondary data is:
  • Mailing lists
  • Retail sales statistics
  • Video retrieval systems
  • Some secondary must be bought and some is free
Marketing Research Software
  • Graphics packages (print maps)
  • Makes market research a reality for all firms
  • Statistical analysis
  • Expertise to interpret software outputs is the key to successful use of these tools
*Marketing Intelligence Subsystem
  • Ethical activities aimed at gathering information about competitors
  • Not to be confused with industrial espionage
  • Each functional information system has an intelligence responsibility
Pertanyaan
1. Sebut dan jelaskan bagian dari Marketing Information System?
2. Jelaskan prinsip-prinsip marketing?
3. jelaskan satu saja sebuah software yang digunakan untuk melakukan analiasa atau riset pasar?

11 komentar:

  1. 1, Marketing adalah Rencana pemasaran atau strategi bisnis untuk menjual dan memasarkan produk dan/atau jasa. Dalam level mikro, rencana pemasaran akan mengubah produk menjadi sesuatu yang akan mengisi celah pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan.


    2. Prinsip Pemasaran
    * Harga bersaing
    * produk yang dijual
    * Promosi
    * Lokasi

    3. Training Software Statistik & Riset Pasar,software ini umum digunakan untuk penelitian,skripsi,thesis,disertasi, dll.

    BalasHapus
  2. 091131128
    1.bagiannya adalah
    -informasi sistem akuntansi => adanya
    -riset pemasaran => penelitian pasar
    -intelijen pemasaran => kepandaian untuk memesarkan system informasi

    2.-bauran pemasaran
    -produk => produk berupa barang atau jasa yang akan dipasarkan
    -promosi => bentuk promosi yang ditawarkan
    -tempat => tempat yang strategis dan jati diri produk
    -harga => harga yang cocok,, sesuai kualitas

    3.kaga tau

    BalasHapus
  3. NAMA : RODIYAH
    NIM : 091130971 ( 905 )

    1. Bagian-bagian marketing adalah
    - informasi sistem akuntansi (AIS),
    - riset pemasaran,
    - dan intelijen pemasaran

    Marketing adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.

    2. Prinsip Pemasaran adalah
    - Produk : jenis barang yang akan di pasarkan
    - Promosi : memperkenalkan barang ke umum
    - Tempat : lokasi untuk memperdagangkan barang
    - Harga : menetapkan nilai harga pada barang

    3. Menggunakan web dimana desain tidak lagi hanya menggunakan software notepad tapi sudah bisa menggunakan software Flash sehingga desain web dibentuk sedemikian rupa dan semenarik mungkin.

    BalasHapus
  4. NAMA : RODIYAH
    CLAS : 905
    HADIR

    BalasHapus
  5. Nama : Selamet
    Cek Soal dulu ach

    HADIR

    Jawaban Via email

    terima kasih

    BalasHapus
  6. Nama : Mohammad Arfaqi
    kelas :905
    NIM :091130973

    1.Pemasaran adalah area fungsional pertama yang menunjukkan minat dalam MIS
    Sistem informasi pemasaran memiliki tiga subsistem; informasi sistem akuntansi (AIS), riset pemasaran, dan intelijen pemasaran

    2.Prinsip Pemasaran
    Bauran pemasaran:riset pasar
    Produk:hasil atau karya dari produksi
    Promosi;memasarkan barang yang ingin di komersilkan
    Tempat:wilayah untuk menghasilkan barang produksi dan tempat memasarkan.
    Harga:nilai suatu barang yang di jual.


    3.software Lumen Financial Navigator (Lovina)software ini untuk membantu pelaku pasar modal dan pasar berjangka melakukan riset dan analisis fundamental sebelum memasuki pasar.

    BalasHapus
  7. Nama : M.Aminullah
    Nim : 093330730
    Kelas : 905
    Selalu HADIR Pak..

    BalasHapus
  8. Nama : M.Aminullah
    Nim : 093330730
    Kelas : 905

    Jawaban,...
    1.Sebuah sistem berbasis komputer yang bekerja sama dengan sistem informasi fungsional lainnya untuk mendukung manajemen perusahaan dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk perusahaan.
    Sebuah MKIS Model
    1. Keluaran
    Produk
    Tempat
    Promosi
    Harga
    Terpadu campuran
    2. Basis Data
    3. Masukan

    2.Pada dasarnya seorang marketing tidak jauh dari pemasaran dan penjualan dan berikut prinsip2 seorang marketing.
    1. Keluaran
    Produk
    Tempat
    Promosi
    Harga
    Terpadu campuran
    2. Basis Data
    3. Masukan
    * SIA
    * Riset pemasaran
    * Pemasaran intelijen
    * AIS (Sistem Informasi Akuntansi)
    Data penjualan order masukan.
    SIA menyediakan data untuk
    Laporan periodik
    Khusus laporan.

    3. Saya lupa pak,,yang saya inget software cuma 1 aja pak,yaitu.photoshop,,tapi bukan itu kan jawabanya,,

    BalasHapus
  9. The Best Bet of the Day | Casino in Oklahoma
    The Best Bet of the Day. The casino 유흥가 is operated by 온라인 슬롯머신 Evolution Gaming Limited. There is 벳썸 도메인 no live casino games on this website. This is a 하하 포커 머니 상 popular 저녁밥 추천

    BalasHapus