Senin, 13 Juni 2011

SISTEM, DATA DAN INFORMASI

SISTEM
Pengertian Sistem
adalah sekumpulan elemen-elemen (subsistem) yang berinteraksi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Sekumpulan subsistem berinteraksi tujuan tertentu

Tujuan bisa lebih dari satu prioritas agar tidak bertentangan

Karakteristik Sistem
Karakteristik sistem :
  1. Mempunyai elemen-elemen (elements)
elemen / subsistem
Dapat dikatakan bahwa subsistem merupakan sistem di dalam sistem.
  1. Mempunyai batas (boundary)
sesuatu yang membatasi sistem
Contoh : peraturan, orang yang menggunakan (personel), biaya dsb
  1. Mempunyai lingkukungan luar (envirounments)
segala sesuatu di luar sistem tetapi mempengaruhi berjalannya sistem
  1. Mempunyai penghubung (interface)
  agar dapat mengolah input masukan dari media input, maupun output dari proses lain.
  1. Mempunyai masukkan (input)
 data
  1. Mempunyai keluaran (output)
 informasi
  1. Mempunyai pengolah (process)
    • Pengurutan
    • Operasi aritmatik
    • Penggabungan
    • Pencarian
    • Klasifikasi
    • dsb
  2. Mempunyai sasaran (obyectives) / tujuan (goal).
Tujuan dari sisi ekonomi, social dsb

 Data
himpunan simbol atau fakta mentah yang tidak mempunyai arti dan nilai apapun secara tersendiri.
Cth :
  1. 65, 75, 24, 57, 89 99, 65
Merupakan data
  1. 65, 75, 24, 57, 89 99, 65, adalah nilai 7 mahasiswa yang mengambil MK SIM
Merupakan data yang sudah mempunyai arti, tetapi belum dapat digunakan untuk menunjang pengambilan keputusan.

Jenis data (dari cara mendapatkannya) :
  1. Data internal
Berasal dari observasi dari orang yang bersangkutan.
  1. Data eksternal
Berasal dari observasi orang lain:
    1. data primer
orang lain yang melakukan observasi sendiri
    1. data sekunder
orang lain yang memperoleh data dari orang lain.

Jenis data (berdasarkan formatnya) :
  1. Teks adalah sederetan huruf, angka, dan symbol-simbol khusus lainnya.
  2. Citra (image) adalah data dalam bentuk gambar.
  3. Audio adalah data dalam bentuk suara.
  4. Video menyatakan data dalam bentuk sejumlah gambar yang bergerak dan bisa saja dilengkapi dengan suara.
Database
Sarana untuk menyimpan data agar lebih mudah dalam pemrosesan.

INFORMASI

Informasi adalah sekumpulan data yang diproses sebagai tambahan pengetahuan untuk membantu pengambilan keputusan.

Kualitas Informasi
  1. Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Informasi tersebut harus jelas mencerminkan maksudnya karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat merubah atau merusak informasi tersebut.
  2. Tepat pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi, karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan, bila pengambilan keputusan terlambat, maka dapat berakibat fatal untuk organisasi.
  3. Relevan, berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi/kebutuhan informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.
PERTANYAAN:
1.Adakah interaksi antar subsystem yang tidak memiliki tujuan?jika ada berikan contohnya dan jika tidak ada jelaskan mengapa tidak ada.
2. Apakah system harus memiliki 8 komponen sistem seperti di atas ? bagaimana jika salah satunya tidak ada ? berikan contoh untuk jawaban anda?
3.Berikan comtoh perubahan dari data menjadi informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu.
Jawaban langusung di posting di komentar saja.



18 komentar:

  1. Nama; Sutanto Herdiman
    Kls ; 905

    Jawaban;

    1.) Tidak akan ada interaksi karena interaksi terjadi apabila ada suatu tujuan baik Formal maupun non Formal (exp: tujuan berdiskusi adalah memecahkan suatu malasah atau kita mengobrol /tegur sapa tujuannya agar dapat mempererat perkenalan dll).

    2.) ya, jika salah satu dari 8 komponen tersebut tidak ada makan tidak akan ada kesempurnaan dari hasil interaksi tersebut
    Exp; jika tdk ada komponen yg ke 7 yaitu process maka suatu interaksi tersebut tidak akan bermanfaat dengan sempurna (pasti terjadi kekeliruan / kekurangan yang dihasilkan dari interaksi tersebut).

    3.) exp; saya diberikan suatu data dari suatu penjualan Produk untuk diserahkan ke pada Manager, saya meneliti dan mencermati data penjualan tersebut untuk memastikan tidak adanya kesalahan (data harus Akurat) lalu setelah yakin data tersebut sudah akurat saya langsung melaporkan / memberikan data tersebut (sudah menjadi suatu informasi)kepada Manager agar data tersebut dapat segera ditindak lanjuti / tepat waktu (jika ada penurunan dalam penjualan maka dapat dicari solusi sesegera mungkin agar tidak mengalami kerugian akibat menurunnya penjualan)dan data tersebut menjadi suatu informasi yang bermanfaat terutama bagi Manager dalam mengantisipasi Penjualan yang menurun (agar tidak terjadi kerugian).

    BalasHapus
  2. Nama : ROHMAN
    Nim : 091131107

    1). Tidak ada karena subsystem yang telah berinteraksi selalu memiliki tujuan (Contoh: didalam kita menuntut ilmu, setelah belajar dengan baik maka akan menghasilkan 1 tujuan yaitu memahami dan mengamalkan ilmu pengetahuan tersebut)
    2). Tentunya harus memiliki 8 komponen,karena jika salah 1 komponen tidak ada maka sistem tersebut akan cacat didalam pengoperasiannya. (contoh berdasarkan formatnya: teks adalah sederetan huruf,angka,dan symbol jika salah 1 hilang maka teks tersebut cacat dalam segi penerjemahannya
    3). Video menyatakan data dalam bentuk sejumlah gambar yang bergerak dan bisa saja dilengkapi dengan suara.

    BalasHapus
  3. Nama : ANA SEPTIANTI
    Nim : 091131038

    1. Tidak ada karena subsystem itu adalah kumpulan elemen-elemen yg terdapat dlm satu system yg memiliki tujuan. maka jika subsystem tidak memiliki tujuan , subsystem tersebut tidak mungkin berinteraksi karena tidak memiliki konektifitas.

    2. yups , kedelapan komponen harus ada.
    jika salah satu komponen tidak ada , maka system tidak dapat berjalan .
    contoh : komponen input(data) tidak ada , maka tidak output / laporan hasil output yg bisa di keluarkan dr sytem. dng begitu system jd tidak berguna.

    3. contoh :
    laporan persediaan suatu gudang.
    perubahan data menjadi informasi yg dilakukan adl pada saat trjadi pengeluaran dan penerimaan/transaksi maka admin gudang harus menginput data tersebut agar dapat menghasilkan laporan persediaan barang/informasi secara realtime.

    BalasHapus
  4. Nama : Mohammad Rommy
    NIM : 091131065

    1. Tidak ada subsystem,maka elemen-elemen (subsistem) yang berinteraksi dengan lebih dari satu.

    2. iya,maka sistem tidak jalan bila salah satu tidak ada,contoh : mempunyai batas seperti peraturan biaya dsb

    3. laporan persedian barang elektronik.
    perubahaan data informasinya yg dilakukan oleh pegawai menerima transaksi masuk barang dan keluarnya barang di cek dan lalu menginput data laporannya untuk atasannya

    BalasHapus
  5. nama : nanik Sawitri
    Nim : 091131126

    jawab :


    1.Tidak ada interaksi antar subsystem yang tidak memiliki tujuan.karena tujuan itulah yang subsystem itu berinteraksi dengan maksud yang sama tujuan tertentu
    2. System harus mempunyai 8 komponen yang harus berinteraksi bekerjasama satu dengan yang lain nya agar suatu system bias berjalan
    3. Suatu pasar swalayan yang mempunyai data yang bisa di olah menjadi suatu informasi

    BalasHapus
  6. Nama : Asep Nana
    Nim : 091130959

    jawaban :

    1. tidak ada,karena Sistem tinjauan Atas Prosedur merupakan Rangkaian / Interaksi Aktivitas - Aktivitas Yang bekerja secara teratur saling mendukung Satu sama lain mencapai tujuan Dalam.
    2. ya, karena komponen 1 dan yang lainnya saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang sama, contoh: mobil salah satu komponen mobil tidak ada/tidak berpungsi maka mobil itu tidak bisa berjalan
    3. contoh: suatu institusi akademik harus membangun database akademik,minimal memuat data mahasiswa, data dosen, data matakuliah, data ruangan, jadwal, sehingga dapat diperoleh informasi yang tepat tentang penyelenggaran akademik institusi tersebut.

    BalasHapus
  7. Nama : SELAMET MAULANA
    NIM : 091131125

    1.Adakah interaksi antar subsystem yang tidak memiliki tujuan?jika ada berikan contohnya dan jika tidak ada jelaskan mengapa tidak ada.
    No, there is no interaction between Unporpose Subsystem
    The reason is because the subsystem are interaction each others, and there must has an Complete Data to make an interaction, A Sub System Interaction to get Main Result and had a purpose it self. We can say a System Already Complete if The Data has an character to get interaction such as : elements, boundary, envirounments, interface, input, output, process, obyectives.

    2. Apakah system harus memiliki 8 komponen sistem seperti di atas ? bagaimana jika salah satunya tidak ada ? berikan contoh untuk jawaban anda?
    Defenelty YES. (100% sure)
    Without eight components, the system wont work and gets the main purpose. If one’s of the character is missing or nothing….so the purpose can not be completed and only work a half.The system can not become a Perfect Data or can be acurate and can not make a Right Result.

    Case Example :
    First Example : A good and perfect Software Computer, that we want to install, there must have an serial number : to process, without serial number we can not install and the program wont work properly.

    Secound Example : If we want get the Data From A Flash Disk Friends and save to our computer, make sure that we must SCAN First, Without SCANING we don’t know, What exactly happen to our Computer, maybe our FLASHDISK Friend contain A TROJAN VIRUS (hehehe I’M Kidding)
    And Our Computer get infacted, after that we must Re-Install the Computer cause the VIRUS Infacted make our Computer Slow and the worsh is we could get DATA LOSE.

    3.Berikan comtoh perubahan dari data menjadi informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu.
    A Latest News and UPDATE From A Newspaper, Televison and a RADIO.
    A reporter must get the News from acurate source,releven and on time.

    example:When there is accident in the hight way, a reporter must come to see the Accident it self, get some accident PHOTOS or even they must an INTERVIEW with the peoples arounds the accident area, why the accident Happen, to get accurate source, after that They must give the Report to the Office to process the : PRINT, EDITS and FINISHING…the Reporter must On time and do not be late report for the Sociaty.

    BalasHapus
  8. NAMA : RODIYAH
    NIM : 091130971

    1. Tidak ada subsystem yang tidak memiliki tujuan contohnya mengadakan riset di mana untuk mencapai suatu penelitian di butuhkan sekumpulan data-data yang benar-benar dapat di pertanggung jawabkan untuk tujuan pembuktian.

    2. ya, harus memiliki 8 komponen sitem jika salah satu tidak ada tidak dapat beroprasi misalnya tidak mempunyai penghubung maka tidak bisa mengolah input maupun output.

    3. contohnya : Data Penawaran Barang
    pertama-tama mengecek data-data barang yang akan di tawar, mencari informasi harga barang yang sama, memberi penawaran barang yang telah di ketahui harga pasarannya terakhir mengambil keputusan harga yang telah nego.

    BalasHapus
  9. Nama :Mohammad Arfaqi
    Kelas :905
    NIM :091130973


    1)Tidak ada,karna suatu subsystem yang saling berinteraksi pasti ada tujuan atau hasil yang mereka inginkan.
    contoh nya : suatu mahasiswa membuat program untuk melengkapi TUGAS AKHIR nya mereka menggunakan SOFTWEAR VISUAL BASIC pasti dari kejadian ini dapat kita simpulkan bahwa suatu subsystem yang saling berinteraksi pasty ada tujuan yang di inginkan.

    2) ya,karna apabila sistem dari 8 komponen di atas tidak ada salah satu nya maka tidak mungkin suatu sistem tersebut memperoleh tujuan nya,contoh nya:apabila elemen ke 5 tersebut tidak ada maka mana mungkin sistem tersebut mendapatkan tujuan tanpa ada data masukan atau input.

    3).yaitu suatu mahasiswa membuat program di visul basic program tentang suatu data mahasiswa dan pembayaran,apabila mahasiswa itu berhasil maka ini dapat disebut perubahan dari data menjadi informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu.

    BalasHapus
  10. Name : Desi Wulandari
    Nim : 093330892
    Class : 905

    1. tidak, karena setiap interaksi antar subsystem itu harus mamiliki tujuan. contoh : pada saat kita melakukan tugas akhir (skripsi), kita harus memiliki suatu tujuan agar cita-cita kita tercapai nantinya.
    2. ya semua sistem harus memiliki 8 komponen, dan jika salah satu komponen tidak ada maka tidak akan menghasilkan suatu tujuan yang relevan.
    3. ialah sekelompok mahasiswa yang membuat program dengan menggunakan program visul web tentang suatu data penjualan,apabila programnya sukses maka ini dapat disebut perubahan dari data menjadi informasi yang akurat, relevan dan tepat.

    BalasHapus
  11. Nama :Akbar palefi
    kelas :905
    nim :091131068

    1).Tidak akan bisa, karena subsistem tersebut berinteraksi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

    2).Betul, karena 8 komponen tersebut adalah sebuah rangkaian yang tidak bisa terpisahkan. jika salah satu komponen tersebut tidak ada, maka segala proses dari ke tujuh kompenen tersebut percuma, karena tidak akan ada hasilnya.

    3).Misalnya pembuatan data melalui visual basic dari program tersebut bisa memberikan informasi yang akurat bagi penggunanya. contoh pendataan pegawai.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama : Dwi Apriliani
    NIM : 093330711
    Kelas : 905

    1). Tidak akan ada interaksi antar subsystem yang tidak memiliki tujuan, karena interaksi dengan maksud yang sama yaitu untuk mencapai sustu tujuan tertentu.
    (contohnya : Di dalam perkuliahan, mahasiswa akan di bimbing untuk belajar oleh dosen, itu adalah salat satu kegiatan agar mencapai suatu tujuan, tujuannya adalah Dosen dapat mengetahui kreatifitas mahasiswa, dan mahasiswa mendapatkan nilai dari kerja kerasnya dalam mengerjakan tugas-tugas dari dosen tersebut.)

    2). Ya, System harus memiliki 8 komponen yang saling berinteraksi untuk mempermudah penyimpanan data & mempercepat pemrosesan data tersebut.
    (contohnya : Jika dalam suatu system sudah tersedia semua komponen dari mulai pengumpulan data dan akhirnya di input, system tidak akan berjalan apabila tidak mempunyai tujuan/sasaran dalam pembuatan system tersebut.)

    3). Contoh perubahan dari data menjadi informasi dalam bidang pekerjaan : suatu saat ketika kita di beri tugas oleh atasan untuk mencari tau siapa saja pesaing kita, kita harus mengumpulkan data tentang pesaing terlebih dahulu, lalu mencari kelemahan pesaing & memberikan data-data yang akurat pada tepat waktu agar menjadi relevan bagi perusahaan untuk mencari celah bagaimana cara mengalahkan para pesaing.

    BalasHapus
  16. Nama : M.Aminullah
    Nim : 093330730
    Kelas : 905

    1. Bila tidak ada suatu interaksi yang bertujuan maka subsytem tidak akan bisa beroperasi,,karena pada strukturnya sudah jelas
    Sekumpulan subsistem  berinteraksi  tujuan tertentu..contohnya suatu data yang akan di copy/dipindahkan ke data lain,,sudah jelas data tidak akan berpindah/tercopy apabila data tersebut tidak berinteraksi untuk dipindahkan/dicopy.
    2. itu sudah jelas,apabila ada satu componen yang hilang salah satunya,program tidak akan berjalan/diopperasikan dengan sempurna,,ya,,contohnya saja suatu program visual basic,,apabila ada suatu rumus yang kurang/terhapus,,maka tidak akan bisa beroperasi/akan gagal.
    3. Dari data menjadi suatu data yang akurat,relavan dan tepat waktu yaitu suatu data yang dikemas/direkap untuk menjadi suatu lapora,yang berbentuk suatu data pendapatan,pengeluaran dan untung rugi,,dan laporan tersebut harus akurat,relavan,dan tepat waktu..

    BalasHapus
  17. Saya mau bertanya
    Contoh informasi yang akurat itu bagaimana ya?

    BalasHapus